Jumat, 21 Oktober 2011

[Filsafat] : HIDUP untuk MAKAN atau MAKAN untuk HIDUP

 Karl Marx  pernah berkata, ” Hidup itu perut kenyang”. Maksudnya hidup itu untuk makan (saja).
 nah bagai mana menurut kalian sendiri? Kita hidup untuk makan atau kita makan untuk hidup?

Makan dalam hal ini bukan hanya mengisi perut dengan sesuatu zat untuk mengenyangkan, tetapi kata "makan" disini lebih kita maknai sebagai kegiatan-kegiatan konsumtif.


jika kita pahami kalimat diatas HIDUP untuk MAKAN seakan-akan "makan" itu sebagai tujuan dari hidup kita. Sangat disayangkan sekali jika waktu kita hanya diisi oleh kegiatan yang konsumtif, atau hanya untuk memenuhi hasrat semata. jika deikian maka waktu kita yang sangat singkat didunia ini tidak akan berguna. kita hanya mengejar kepuasan duniawi saja. kita hanya berusaha untuk memenuhi keinginan hasrat tanpa meikirkan tujuan yang lebih besar.

lain halnya dengan MAKAN untuk HIDUP. dalam kalimat ini lebih terkandung makna, "makan" adalah bagian dari kehidupan. kita makan / berkonsumsi sebagai pendukung kehidupan kita bukan sebagai tujuan hidup.dengan menganut pada kalimat diatas, kita lebih diajak memaknai hidup lebih dalam bukan hanya bertujuan untuk mengkonsumsi sesuatu. tetapi juga untuk memberikan suatu hal yang baik atau berguna bagi sesama.

bukan berarti kita tidak boleh menikmati atau menjalankan kegitan konsumtif lho... tapi kegiatan konsumtif yang kita lakukan bersifat sebagai pendukung dari kehidupan kita, bukan sebagai tujuan dari hidup kita.

So?? Bagai mana dengan hidupmu?

1 komentar: